Cara Smoothing dan Merawat Rambut Smoothing Sendiri

Sonya Pandarmawan Friday, July 31, 2015
Cara Smooting RambutSmoothing yaitu melaukakan perawatan pada rambut yang bisa membuat rambut menjadi tampak lebih lurus, mengkilap serta halus. Semua orang terlebih lagi para kaum hawa pasti ingin memiliki rambut yang lurus dan hitam salah satu caranya yaitu dengan Cara Smoothing Rambut. Bahkan rambut lurus kini sudah menjadi tren tersendiri pada masa kini. Tak heran lagi jika para wanita rela mengeluarkan uang yang tak sedikit dilihat dari harga smoothing rambut yang bisa dibilang tidaklah murah. Semakin lurus rambutnya maka penampilannya pun akan semakin cantik, itulah sedikit opini dari sebagian wanita tentang rambut lurus yang bisa dilukukan dengan cara smoothing rambut tanpa catok. Oleh karena itu banyak juga yang merubah rambutnya dari awalnya keriting menjadi lurus baik itu melakukan smoothing sendiri atau pergi ke salon bahkan juga ada yang menggunakan obat smoothing rambut, ada juga rambut yang sudah lurus masih di luruskan lagi. Cara smoothing untuk meluruskan rambut itu biasanya dengan melakukan rebonding atau smoothing. Dimana cara smoothing tersebut dilakukan disalon-salon atau dilakukan sendiri yang tentunya dengan harga yang tidak murah.

Cara Smoothing Rambut

Cara Smoothing Rambut Sendiri

Pertama
Langkah pertama untuk melakukan smoothing rambut adalah keramas menggunakan shampoo (tanpa kondisioner) agar rambut anda bersih. Kemudian keringkan rambut, anda dapat menggunakan hair dryer agar rambut tidak terlalu basah. Namun alangkah baiknya jika biarkan rambut kering secara alami. Penggunaan hair dryer akan membuat rambut anda menjadi rusak dan kering.
Kedua
Setelah rambut anda 80 % kering, bagilah rambut anda menjadi beberapa buah bagian. Saat membagi dapat sesuai dengan selera masing-masing. Anda dapat membagi menjadi 2 bagian, 3 bagian, 4 bagian atau yang lain.
Ketiga
Ambillah satu bagian rambut yang telah anda bagi tadi dengan menggunakan ujung sisir flet sekitar 3 mm. Setelah itu anda oleskan smoothing cream yang telah anda siapkan sebelumnya. Oleskan smoothing cream ini dengan jarak sekitar 1 cm dari pangkal rambut anda. Waktu yang digunakan untuk melakukan pengolesan ini biasanya selama 20 menit. Atau sesuaikan dengan panjang dan pendeknya rambut yang anda miliki.
Perhatian saat mengoleskan smoothing cream :
Jangan sampai smoothing cream mengenai kulit kepala anda, karena akan menimbulkan efek gatal dan perih pada kulit kepala. Oleh sebab itu lakukan secara hati-hati atau anda juga dapat meminta bantuan orang lain atau teman anda untuk mengoleskan smoothing cream ini. Setelah smoothing cream teroleskan secara menyeluruh, diamkan selama 20 menit.
Keempat
Sekarang saatnya mengecek apakah proses smoothing telah selesai atau belum. Caranya ikat rambut anda atau gulung rambut anda, jika simpulnya tidak longgar makaproses smoothing yang telah anda lakukan sudah selesai. Namun jika saat mengikat simpulnya longgar menandakan proses smoothing rambut yang anda lakukan belum selesai.
Kelima
Setelah proses smoothing rambut anda selesai (tidak longgar), cucilah rambut anda kembali dengan memakai air hangat. Namun jika anda menginginkan air dingin tidak masalah, gunakanlah shampoo saat mencucinya. Setelah selesai mencuci rambut, keringkan kembali rambut basah anda menggunakan hair dryer. Setelah kering, lakukan pencatokan rambut.Sebelum rambut di catok, bagilah rambut anda menjadi 4 bagian. Cara mencatok dapat sesuai selera anda, pastikan suhu alat catok sekitar 180 sampai dengan 200 derajat Celcius. Dan sebelum di catok jangan lupa anda semprotkan anti frizz. Setelah selesai mencatok, biasanya rambut yang anda miliki akan terlihat tipis.
Keenam
Langkah terakhir adalah mengoleskan cream neutralizer dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu cuci kembali rambut anda. Keringkanlah menggunakan hair dryer hingga benar-benar kering. Selamat smoothing rambut yang anda lakukan di rumah telah selesai.

Nah setelah mengetahui bagaiana cara smoothing rambut sendiri di rumah. jangan lupakan juga untuk melakukan perawatan rambut sehabis melakukan smoothing.  rambut anda telah lurus karena di smoothing, tetapi tetap saja memerlukan perawatan untuk tetap menjaga keindahannya serta agar bisa bertahan lama. Nah, untuk itu anda perlu tahu bagaimana cara merawat rambut yang telah di smoothing agar bisa bertahan lama. Jika anda ingin tahu bagaimana cara merawatnya langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini.

Cara Merawat Rambut Smoothing

Jangan keramas selama 3 hari

Apabila anda telah melakukan smoothing sebaiknya anda menghindari keramas selama 3 hari. Apabila sebelum 3 hari anda melakukan keramas maka rambut akan kembali ke keadaan semula lagi, mengapa? Karena obat yang digunakan untuk smoothing akan habis dan luntur. Oleh sebab itu, biarkan selama 3 hari agar obat yang digunakan bisa meresap secara sempurna pada rambut. Dalam memilih obat untuk smoothing sebaiknya anda memilih obat yang berbahan dasar herbal untuk menghindari rambut dari kerontokan dan kekeringan.

Menggunakan masker rambut

Setelah 3 hari maka anda bisa keramas, untuk itu hendaknya anda melakukan perawatan terhadap rambut anda. Anda bisa menggunakan masker khusus rambut. Hal ini dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak rontok dan tetap lembab serta dapat memberikan nutrisi dan vitamin agar rambut tetap awet.

Keramas selama 2 minggu sekali

Apabila langkah di atas telah dilakukan, maka sekarang rambut anda bisa dikeramas dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut anda. Hal ini di lakukan agar rambut smoothing anda  tetap kuat dan terbebas dari masalah.

Jangan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer

Ketika mengeringkan rambut sebaiknya anda jangan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Apabila hal ini dilakukan maka akan membuat rambut anda semakin bermasalah. Cara yang tepat untuk mengeringkan rambut smoothing yaitu dengan menggunakan handuk kemudian di tekan-tekan secara pelan atau diamkan hingga kering alami.

Jangan mengikat atau menjepit rambut

Apabila rambut anda telah di smoothing sebaiknya anda menghindari untuk mengikat dan menjepit rambut, karena hal ini akan meninggalkan bekas pada rambut anda yakni bergelombang. Biarkan lah rambut anda terurai dengan bebas.

Selain cara di atas anda juga sebaiknya hindari pemakaian cat rambut, jangan lakukan catok rambut karena akan membuat rambut anda semakin kering. Pada saat menyisir hendaknya menggunakan sisir yang bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok.
Itulah cara merawat rambut yang telah di smoothing agar tahan lama. Dengan melakukan perawatan di atas maka rambut smoothing anda akan lebih tahan lama baik itu kilauannya maupun kelurusannya. Dan satu lagi yang perlu anda ingat, sebaiknya rambut yang telah di smoothing hindarkan langsung dari sinar matahari.

Nah itu tadi tips dan cara melakukan smoothing rambut sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak karena harga smoothing rambut yang cukup mahal. Semoga dengan adanya tutorial cara melakukan smoothing sendiri dan merawat rambut smoothing ini bisa bermanfaat buat anda semua jangan lupa baca juga Manfaat dan Khasiat Semut Jepang

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Tinggalkan Komentar di Cara Smoothing dan Merawat Rambut Smoothing Sendiri
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini